Langsung ke konten utama

Cari Buku Terbit: Input Code QRSBN

SUBUH DI KAMAR LILY | Puisi untuk Ibu



Subuh di Kamar Lily

Jon Blitar


Aku menyaksikan

Seseorang terbaring sayu

Serupa daun malam, tubuhnya mengatup sayup

Berselimut waktu yang meremas layu


Aku menyaksikan

Di malam seribu bulan; bunga-bunga surga turun ke bumi

Lalu, mendegupkan aroma kesturi di tubuhnya

Membuat napasnya sejenak menjeda, sesekali menghela sayu


Aku menyaksikan

Bocah-bocah disampingnya memecah tangis

Menderas ayat-ayat Tuhan dari mulutnya yang gigil

Matanya menatap sendu, menganak haru di garis waktu


Aku menyaksikan

Wajahnya berubah semakin cantik berseri-seri

Dengan mata yang teduh, serupa cahaya purnama menghiasi parasnya

Perlahan dengan tenang menatap bocah disampingnya

Seolah berkata;

"Ikhlaskan aku."


O, aku menyaksikan

Bocah itu berteriak menikam sunyi

"Bicaralah bu...!"

"Bangunlah bu...!"


Dan aku menyaksikan

Kepergiannya sebagai bekal rindu di Surga.


RS Ananda, 03 Mei 2021.

Komentar