Langsung ke konten utama

Cari Buku Terbit: Input Code QRSBN

MER(D)EKA

Karya: Fariz Bim

Aku pernah bertaruh nyawa
Mempertahankan patok petak sawah ini

Agar tiada lagi
Anak bangsa yang menahan lapar

Agar tiada lagi
Bumi pertiwi yang terlantar

Aku pernah bergelut dengan waktu
Berkorban demi jengkal-jengkal tanah ini

Agar tiada lagi
Darah-darah yang membasahinya

Agar tiada lagi
Tangis-tangis yang membanjirinya

Hari demi hari
Kuhabiskan bergerilya
Napas demi napas
Sampai habis tanpa sisa

Kusematkan
Semangat di dada
Kugadaikan
Raga di jiwa

Itu semua--

Untuk
Nusa

Untuk
Bangsa

Untuk
Kalian

Kupersembahkan--

Darahku
Tulangku
Keluargaku

Demi tuk melihat
Kelak negeri ini
Sehat
Dan bermartabat

Merdeka
Tanpa
Mereka

Aku
Tak pernah berharap
Kelak aku
Kalian hargai

Aku
Hanya ingin
Nantinya negeri ini
Kau maknai

Tak perlu kalian ingat namaku!
Tak perlu kau tahu namaku!
Teruskan saja perjuanganku!

Aku sudah sakit

Aku kini bertaruh nyawa
Mempertahankan patok petak perut ini

Agar tiada lagi
Aku yang menahan lapar

Agar tiada lagi
Aku yang terlantar

Aku kini bergelut dengan waktu
Berkorban demi jengkal-jengkal langkah ini

Agar tiada lagi
Darah-darahku yang membasahinya

Agar tiada lagi
Tangis-tangisku yang membanjirinya

Hari demi hari
Kuhabiskan bercerita
Napas demi napas
Sampai habis tuk mengiba

Bambu kuruncingi
Nisanku kau kencingi

Tiap tahun begini
Perjuanganku tak kau beri arti

Tigaraksa, 19-8-2018.

Komentar